Minggu, 20 Februari 2011

Jakob Oetama: Feodalisme Sumber Korupsi


JAKARTA, KOMPAS.com — Pimpinan Umum Harian Kompas, Jakob Oetama, menyatakan salah satu sumber korupsi di Indonesia adalah feodalisme. Hal itu disampaikannya saat membuka seminar nasional dengan topik "Korupsi yang Memiskinkan", di Hotel Santika, Jakarta, Senin (21/2/2011).
"Untuk kita di Indonesia, salah satu sumber penyakit yang menyuburkan dan membuat akar korupsi adalah feodalistik. Feodalisme memberikan privilege, hak istimewa bagi penguasa," kata Jakob.
Pendapat Jakob itu diakui mengutip pakar sejarah Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Prof Sartono. "Jadi, saya termasuk yang berpendapat benar begitu," ujar Jakob lagi.
Oleh sebab itu, menurut Jakob, dibutuhkan sikap bersama bersehati untuk mengatasi semua faktor penyebab korupsi. Di awal pengantarnya, Jakob menyinggung dua peristiwa yang kontradiktif dalam cara penanganan. Yaitu dua wanita miskin yang dibawa ke rumah sakit setelah menjahit mulutnya sebagai sikap protes lahannya yang akan digunakan untuk pembangunan, namun penyelesaiannya oleh pemerintah cepat untuk dilakukan eksekusi.
"Inilah crying poverty, kemiskinan yang menangis," katanya. Akan tetapi, penanganan kasus besar mafia pajak dan hukum mantan pegawai pajak, Gayus HP Tambunan, hingga kini lambat sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar